Friday, April 25, 2008

"kenapa ngambil itu?"

pertanyaan itu gak satu. tapi banyak. termasuk anak hati gw yang lain yang berkerut sengkarut bertanda tanya.
"kenapa ngambil pidana?"
iya. kenapa ya? gw harus berpikir panjaaaaaaaaang banget buat menjawabnya. seinget gw, semasa kuliah dulu gw benciiiiiiiii banget sama ilmu yang harus gw pelajari demi keluar dari krangkeng sekolah formal yang menyebalkan itu. bolos pun menjadi nama tengah gw. saat temen-temen gw lagi mendengarkan dosen ceramah tentang pokok-pokok hukum pidana, perdata, acara, waris, dst dst dst, kalo nggak gw maen ke hutan mipa, ngikut kuliah fakultas sastra sama nata, masuk kelas kedokteran sama maya chicken dan stefani rani, gw juga kadang memilih mendekam dalam kamar kos 3x3 gw itu. "maap pak dosen, saya sedang dapat inspirasi. kalau saya masuk kuliah, nanti bisa menguap idenya. hehehe."
maka dari itu, si sapi, si kebo, terus ipeh, azza, atau anak GSP yang rajin-rajin dan relatif berani menerima titipan absen saya. maap sekali lagi untuk para kawan-kawan yang menanggung dosa gw. hehehe.
saking bencinya gw sama apa yang gw pelajari, gw pun menyisipkan makian widji thukul dalam skripsi gw: semuanya bengkok! juga hukum.
dan sekitar 2 tahun setelah gw resmi jadi SHg (sarjana hukum gombal), gw pun bersumpah (sumpah cabe!) gak mau gw nyentuh nyentuh perihal hukum. gw pun mencari kerja di media. yang pertama kali lolos, adalah jawapos. sekarang, gw masih mbabu di detikcom. di portal politik peristiwa ini, awalnya gw menjadi wartawan srabutan. kaga ada pos-posnya. ada politisi maki-maki lawan politiknya, hayo. ada orang betawi berantem, hayo. ada diskusi intelektual tingkat tinggi, hayo. ada mayat istri ekspatriat Jepang yang terjun dari apartemen, hayo. ada ibrahim gambari di pejambon, hayo. ada ibu memaku kepala anaknya, hayo. makanya setiap ada orang nanya: ngepos di mana? gw paling binun jawabnya.
setelah sekian lama, gw lebih sering ditaruh di acara-acara kesehatan. dan tak sampai 2 bulan, gw dioper ke kejaksaan agung, yang berarti juga memegang pos pengadilan negeri jakarta selatan. di situlah gw memantau segala isu tentang per(tidak)adilan. terutama yang bobrok-bobroknya. di situ juga kebegoan gw kelihatan. banyak bahasa hukum yang gw gak mudheng, tata urutan perundang-undangan aja gw gak inget. parah banget ya. namun lambat laun, karena biasa, karena ketemu wartawan-wartawan hukum yang pinter-pinter meski banyak juga yang bukan dari jurusan hukum itu, karena jadi punya keluarga baru, akhirnya toh ada juga yang membuat gw punya curiousity (halah! keingintahuan maksudnya teh). ngeliat parahnya ancurnya anehnya janggalnya semua gak benernya, justru gw jadi punya jawaban.
sebelumnya, gw sempet membahas sama elis, temen gw yang anak filsafat yang dulu juga di detik. inggried anak kompas.com yang S2 komunikasi di UGM, dan tentu saja sugriwo milik gw itu. hehe. apakah komunikasi? apakah sastra? apakah antropologi?
tiga pilihan itu berat. namun, pada akhirnya, tanpa intervensi represif dari pihak tertentu (termasuk promotor gw^_^)
"gw ngambil itu karena..." panjang lebar gw pun bercerita.

1 comment:

Unknown said...

srasa ada yg janggal ktk piqah menggunakan kata gw utk karyanya..srasa bukan piqah..
sejujurnya ya piq..aq yo rodo bingung knp km ngambil hukum & bergelar SHg..wong kata juragan di SP dl penulisan sastramu tuh huebat bgt je..wong bliaunya ajah pe terkagum2...knp ga ngambil sastra ajah wktu ntu??kn si juragan bisa tmbh kagum ke kamu..hehehe